ANGKRINGAN THE SERIES SINERGI PROGRAM STUDI MANAJEMEN FE UST DAN BALAI BESAR PELATIHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA, DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI BBPPM YOGYAKARTA

ANGKRINGAN THE SERIES SINERGI PROGRAM STUDI MANAJEMEN FE UST DAN BALAI BESAR PELATIHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA, DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI BBPPM YOGYAKARTA

2022-09-23 13:01:57

Kegiatan Angkringan The Series telah dilaksanakan pada Hari Kamis, 22 September 2022 pukul 09.00-11.30 WIB secara hybrid bertempat di Kampus FE UST 157 (luring) dan melalui zoom meeting (daring). Angkringan The Seies kali ini mengangkat tema “Membangun Pemberdayaan dan Kemandirian Masyarakat”. Acara ini merupakan realisasi kolaborasi kegiatan yang pertama pasca MoA antara Fakultas Ekonomi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Acara Angkringan The Series ini dipandu oleh dua MC yaitu Ibu Shinta Sari Interpreter, S.Sos., dan Ni Bernadetta Diansepti Maharani, S.E., M.M. Acara Angkringan the Series ini diawali dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars UST. Acara selanjutnya adalah laporan kegiatan Angringan The Series yang disampaikan oleh Bapak Hery Salugu selaku Koordinator Substansi, Fasilitasi, Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi BBPPM Yogyakarta. Kegiatan Angkringan The Series ini dibuka langsung oleh Dekan FE UST Ki Dr. Suyanto, M.Si., yang sekaligus menyampaikan bagaimana cara memaknai kata “Angkringan” yang digunakan oleh BBPPM.

Angkringan The Series ini menghadirkan dua Narasumber handal dibidangnya masing-masing dan dipandu langsung oleh Ki Agus Dwi Cahya S.Pd., M.M., sebagai moderator. Narasumber pertama Ki Dika Prawita, S.Sos, M.M selaku dosen Prodi Manajemen membawakan materi tentang sukses menjadi pengusaha dengan bermodalkan smartphone yang dimiiliki. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa sebagai masyarakat yang hidup di tengah menjamurnya market place dapat mengambil kesempatan menjadi penjual, bukan hanya sebagai pembeli. Pesan dari Ki Dika untuk masyarakat, “memulai itu mudah, konsistennya yang sulit.” Narasumber yang kedua dihadrikan langsung dari BBPPM Yogyakarta Ibu Yulia Aryani, S.P., M.A.P. sebagai Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya. Beliau menyampaikan materi terkait Program 3 in 1 Pemberdayaan Masyarakat Desa, yang berisi Program Pelatihan, Pendampingan dan Stimulan Usaha/ Modal. Program ini diharapkan dapat Meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing serta Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan. Bu Yulia menyampaikan bahwa kesuksesan program 3 in 1 ini tentu butuh bantuan dari mitra yang bekerjasama dengan BBPPM.

Peserta luring juga berperan aktif, menyampaikan pertanyaan atas pemaparan Narasumber. Dipenghujung acara Angkringan the Series, Narasumber memberikan pesan kepada peserta, serta foto bersama dengan peserta yang hadir secara luring luring dan daring.

Ditulis Oleh Johannes Maysan Damanik, S.E., M.Sc., CFP®
Disunting oleh Humas FE UST