Wujudkan Prodi Akuntansi yang Unggul di Asia Tenggara

Wujudkan Prodi Akuntansi yang Unggul di Asia Tenggara

2022-10-24 14:54:24

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) berkomitmen untuk mewujudkan visi unggul di Asia Tenggara dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan dengan mitra luar negeri, salah satunya dengan menggandeng Universiti Malaysia Sabah. Setelah ditandatangani Letter of Intern (LoI) Bulan Juni lalu, Prodi Akuntansi langsung menindaklanjuti dengan menggelar berbagai kegiatan kerjasama diantaranya Visiting Lecture pada 13 Juli 2022 dengan tema Research Methodology mengundang dosen dari Universiti Malaysia Sabah, Dr. Rozaidy Mahadi, Prof. Sujoko Efferin dari Universitas Surabaya, serta moderator Dr. Dewi Kusuma Wardani, S.E., S.Psi., M.Sc., Ak., CA, CRM, BKP, ACPA.

Kegiatan berikutnya yang dilaksanakan oleh Prodi Akuntansi yaitu dengan menyelenggarakan Entrepreneurship, Economics, and Business International Conference (EEBIC) pada 28 Juli 2022 dengan tema Technological Innovation, Entrepreneurship in Achieving Economic, Social, and Environmental Sustainability. Event ini mengundang Narasumber dari 4 negara, yaitu  satunya Dr. Suddin bin Lada dari Universiti Malaysia Sabah, yaitu Dr. Suddin bin Lada. Dr. Adi Masli, Full Professor and Koch Fellow dari University of Kansas School of Business Accounting, Prof. Dr. Nadindla Srividya dari Techno India School of Management Student, dan Dr. Yang Junchu dari Guangxi University for Nationalities China.

Prodi Akuntansi FE UST menjalankan salah satu program dari Lembaga Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UST yaitu Ristet Kolaborasi Internasional (RKI) dengan matching fund dengan melibatkan Dr. Rozaidy Mahadi dan Puan Nur Shahida Binti Ab Fatah dari Accounting Program Universiti Malaysia Sabah. Melalui skema ini, dosen-dosen mampu meningkatkan produktivitas dalam penelitian dengan menghasilkan publikasi pada jurnal internasional bereputasi. Pada kesempatan lain, beberapa dosen Prodi Akuntansi UST juga telah melakukan publikasi bersama dengan dosen di UMS antara lain pada paper berjudul The Analysis of E-Commerce Utilization on Fajar Bakery dan E-Business and Business Performance Relationship: A Systematic Literature Review and Bibliometric Analysistitle.

Sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing internasional, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) melakukan benchmarking dan peninjauan visi misi tujuan dan sasaran serta review kurikulum melalui kolaborasi dengan Accounting Program Universiti Malaysia Sabah (UMS) yang diseleggarakan secara hybrid. Acara luring dilaksanakan di Gedung Fakulti Pemasaran, Ekonomi dan Perakaunan (FPEP UMS pada pukul 09.00 waktu Malaysia Sabah.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui Hibrid yang dibuka oleh Dekan FE UST, Dr. Suyanto S.E., M.Si. ini dihadiri oleh Dr. Rozaidy Mahadi (Ketua Accounting Program), dosen Accounting Program UMS, Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA (Kaprodi), Dekanat, dan seluruh dosen Prodi Akuntansi FE UST.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan beberapa masukan dan sharing terkait penyusunan visi misi serta kurikulum yang telah dilaksanakan di accounting program FPEP UMS. Pada kesempatan ini juga disampaikan beberapa program kerjasama yang akan dilaksanakan antara kedua belah pihak. Acara ditutup dengan foto bersama dan penyerahan cendera mata dari Prodi Akuntansi FE UST kepada Ketua Accounting Program FPEP UMS.

Dosen Prodi Akuntansi FE UST juga terlibat dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat  (Abdimas) bersama dengan Universiti Malaysia Sabah yaitu Pelatihan bagi Usawahan Belia Agrotani di Kg Janang, Batu Empat, Kuala Penyu, Sabah, Malaysia. Kegiatan Abdimas ini didanai oleh Non-Government Organitation (NGO) di Sabah dan Unit Penyeledikan Pembangunan Keusawanan (UPPK) Universiti Malaysia Sabah.

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 35 peserta yang tergabung dalam usawahan Bimbingan Risda. Adbimas ini dilaksanakan dengan memberikan materi dan motivasi tentang bagaiamana penyusunan proposal hibah kewirausahaan, sharing session dengan pengusaha padi organik, serta motivasi kepada usawahan pemula di Kampung Janang Kuala Penyu untuk mampu menggali potensi yang ada wilayah tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke kebun pertanian peserta pelatihan yaitu Farm Mega Interprise. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat setempat mampu mengembangkan usaha pertanian yang tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar, namun menjadi komoditas eksport.

 

Ditulis oleh Umi Wahidah, S.E., M.Ak.