UNGGUL & BERKOMPETEN DI ASIA TENGGARA, PROGRAM STUDI AKUNTANSI SELENGGARAKAN FGD VISI MISI

UNGGUL & BERKOMPETEN DI ASIA TENGGARA, PROGRAM STUDI AKUNTANSI SELENGGARAKAN FGD VISI MISI

2022-11-28 12:05:16

(Yogyakarta, 17 November 2022) Program Studi Akuntansi senantiasa berupaya untuk menyelaraskan dengan perkembangan ekonomi dan bisnis secara global, diantaranya dengan menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi Akuntansi. Kegiatan FGD ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr Suyanto, M.Si. dan dihadiri seluruh dosen Program Studi Akuntansi.

 

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diawali dengan pemaparan outlook perekonomian dari berbagai narasumber dari Ototitas Jasa Keuangan (OJK) DIY yang diwakili Firman Octo Armando, Wawan Harmawan, S.E., M.M. selaku perwakilan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Eko Suwardi, PhD. selaku Ketua ISEI Cabang Yogyakarta. Outlook perekonomian yang dipaparkan oleh Narasumber memberikan gambaran tentang kebutuhan dunia industri tentang arah perkembangan saat ini yang harus diselasarkan dengan visi misi, tujuan, dan sasaran program studi akuntansi.

 

Kegiatan FGD dilanjutkan dengan sesi pembahasan visi misi, tujuan, dan sasaran bersama Reviewer yang diawali dengan pemamapran visi misi oleh Ibu Sri Ayem selaku ketua Program Studi Akuntansi. Adapun Reviewer pada FGD ini antara lain:

  1. Eko Suwardi, M.Sc., Ph.D. Ketua ISEI Cabang Yogyakarta
  2. Hardo Basuki, M.Soc. Ketua IAI wilayah Yogyakarta
  3. Mahsun, SE, M.Si., Ph.D., Ak., CA, CPA, CFrA, CertIPSAS, CPI, BKP, CHFI, AseanCPA. selaku Pimpinan KAP MKN & Partner, Dewan Standar Profesi Akuntan Publik (DSAP) II IAPI, Chairman of APSAE, Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I), Ketua Organisasi Audit Indonesia (OAI)
  4. Suhartini, S.E., MM selaku Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan DJP Wilayah Yogyakarta.
  5. Dr. Dody Hapsoro, Akt., MSPA., MBA., pakar Akuntansi serta Guru Besar STIE YKPN Yogyakarta
  6. Andri Waskita Aji, S.E., M.Sc., Ak, CA, CPA, BKP. selaku Pimpinan KAP Waskita & Partner sekaligus user alumni Prodi Akuntansi
  7. Yulita Noor Rachmawati, S.E., M.Ak., BKP., perwakilan IAPI sekaligus Alumni
  8. Valentinus Fernandes, S.E., M.M. (Alumni)
  9. Farkhan Dwi Rahmanto, S.E., BKP. (Alumni)

 

Masukan yang diberikan oleh Narasumber antara lain bahwa visi merupkan mimpi, misi adalah aktivitas untuk mencapai visi, shg misi berorientasi pd aktivitas untuk pencapaian visi. visi misi adalah penuangkan narasi atas apa yg akan direncanakan dan yg akan dilaksakan untuk menggapai mimpi. Untuk mencapai unggul di tingkat internasional Prodi Akuntansi perlu membuka jalinan kerjasama internasional. Selain itu, kurikulum juga harus diselaraskan dengan visi misi tujuan dan sasaran khususnya formasi kurikulum dengan praktek (bidang profesi), serta perlunya kerjasama dengan berbagai asosiasi profesi. Pada akhir sesi masukan dan diskusi, Reviewer menyampaikan bahwa Visi tanpa action  hanya akan tetap menjadi mimpi. Kegiatan FGD ini diakhiri dengan penyerahan Sertifikat dari Ketua Program Studi Akuntansi kepada seluruh Reviewer.

 

Ditulis oleh Umi Wahidah, S.E., M.Ak.

Disunting oleh Humas FE UST