Abdimas Internasional Penyusunan SKKNI Bidang MICE (Kolaborasi Prodi Akuntansi FE UST, Kemenpar, dan World Bank)

Abdimas Internasional Penyusunan SKKNI Bidang MICE (Kolaborasi Prodi Akuntansi FE UST, Kemenpar, dan World Bank)

2023-02-09 08:24:15

Selama lebih dari 3 bulan, Ketua Tim Perumus, Dr. Dewi Kusuma Wardani, S.E., S.Psi., M.Sc., Ak., CA, CRM, BKP, ACPA didampingi oleh dua mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) dan tiga belas dosen UST melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berjudul “Kegiatan Penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan Skema Okupasi Bidang Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) Pendanaan World Bank”. Kegiatan ini dilaksanakan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Jakarta Pusat.

Adapun peserta dalam kegiatan ini adalah unsur Direktorat Standarisasi Kompetensi, Kedeputian Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktorat Bina Standarisasi Kompetensi dan Program Pelatihan, Ditjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Kementrian Ketenagakerjaan, Tim Perumus SKKNI, KKNI, dan Skema Okupasi, Tim Expert CBS, Konsorsium, Unsur Masyarakat/Komunitas, Industri, Akademisi. Hasil dari abdimas ini adalah RSKKNI, RKKNI, Rancangan Skema Okupas. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi para pelaku sektor pariwisata nasional. Kegiatan ini diharapkan mampu mendukung pencapaian sasaran dan target pembangunan sektor pariwisata, yang pada tahun 2045 ditargetkan mampu menjadi penyumbang devisa terbesar di Indonesia dan penggerak pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

 

Ditulis oleh: Nur’aini, Shelma Desinta Dukalaa dan  Dr. Dewi Kusuma Wardani, S.E., S.Psi., M. Sc., Ak., CA, CRM, BKP, ACPA