Abdimas Internasional Workhsop/Uji Petik Penyusunan SKKNI Bidang MICE di Toba (Kolaborasi Prodi Akuntansi FE UST, Kemenpar, dan World Bank)

Abdimas Internasional Workhsop/Uji Petik Penyusunan SKKNI Bidang MICE di Toba (Kolaborasi Prodi Akuntansi FE UST, Kemenpar, dan World Bank)

2022-10-10 09:01:51

Senin (10/10/22), Ketua Tim Perumus, Dewi Kusuma Wardani didampingi oleh dua mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) dan tiga dosen UST melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berjudul “Workshop (Uji Petik) dalam Rangka Penyusunan SKKNI, KKNI, & Skema Okupasi Bidang MICE Pendanaan World Bank di Toba”. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Niagara Parapat, Sumatera Utara.

Adapun peserta kegiata ini adalah unsur Direktorat Standardisasi Kompetensi, Kedeputian Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekoomi Kreatif, DIrektorat Bina Standarisasi Kompetensi dan Program Pelatihan, Ditjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Kementrian Ketenagakerjaan, Tim Perumus SKKNI, KKNI dan Skema Okupasi, Tim Expert CBS, Konsorium, Unsur Maasyarakat/Komunitas dan Akademis. Kegiatan ini dipimpin Dr. Dewi Kusuma Wardani selaku Ketua Tim Perumus dan dosen FE UST. Tujuan dari kegiatan ini adalah (a) memferivikasi, memvalidasi, dan memperoleh kesepakatan pemangku kepentingan terhadap rancangan SKKNI bidang MICE, Tour Leader, Safety Guide Water Tourism, Tour Guide, Destination, Paramotor, Event, Ecotourism, Rafting, dan Rock Climbing, (b) memferivikasi, memvalidasi, dan memperoleh kesepakatan pemangku kepentingan terhadap rancangan KKNI bidang MICE, Tour Leader, Safety Guide Water Tourism, Tour Guide, Destination, Paramotor, Event, Ecotourism, Rafting, dan Rock Climbing, (c) memferivikasi, memvalidasi, dan memperoleh kesepakatan pemangku kepentingan terhadap rancangan Skema Okupasi  bidang MICE, Tour Leader, Safety Guide Water Tourism, Tour Guide, Destination, Paramotor, Event, Ecotourism, Rafting, dan Rock Climbing.

 

Ditulis oleh: Gading Putri Ekawati, Khansa Anandya Nurhidayati dan  Dr. Dewi Kusuma Wardani, S.E., S.Psi., M. Sc., Ak., CA, CRM, BKP, ACPA