Dewantara Muda Learn from the Expert: Webinar Literasi Investasi untuk Generasi Z

Dewantara Muda Learn from the Expert: Webinar Literasi Investasi untuk Generasi Z

2023-06-12 10:08:08

Prodi Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE-UST) sukses menggelar webinar pada Sabtu, 10 Juni 2023 pukul 08.30 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan literasi peran Lembaga Keuangan. Dengan mengangkat tema Kupas Tuntas Venture Capital, webinar ini dihadiri oleh Bapak Dr. Suyanto, M.Si. selaku Dekan FE-UST, Ibu Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA selaku Ketua Program Studi Akuntansi FE-UST, Ibu Nur Anita Chandra Putry, S.E., M.Si., Ak., CA selaku sekretaris Program Studi Akuntansi, Ibu Reni Listyawati, S.Pd., M.Ak. selaku moderator, Ibu Nonik Kusuma Ningrum, S.E., M.Sc. selaku ketua Program Studi Manajemen FE-UST, dan Ibu Lusia Tria Hatmanti Hutami, S.E., M.M. selaku sekretaris Program Studi Manajemen, dan Bapak/Ibu dosen Program Studi Akuntansi, serta 206 mahasiswa akuntansi.

Sesi pertama acara diawali dengan sambutan yang dipaparkan oleh Ketua Program Studi Akuntansi FE-UST. “Mudah-mudahan materi yang disampaikan bisa menambah dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa, seperti apa yang menjadi salah satu nilai ajaran Tamansiswa yaitu Lawan Sastra Ngesti Mulya, artinya melalui ilmu pengetahuan akan mencapai suatu kemuliaan. Ini adalah sebuah ajaran yang luar biasa sejalan dengan program studi akuntansi yang konsen dalam bidang Pendidikan.” terang Ibu Sri Ayem, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA dalam sambutannya.

Selanjutnya acara dilanjutkan sambutan oleh Dekan FE-UST. Bapak Dr. Suyanto, M.Si. menyampaikan bahwa, “Sehebat apapun kita, pengalaman dari senior itu sangat kita perlukan, meskipun sekarang zamannya digital dan semuanya dapat diakses, namun pengalaman itu tidak kalah penting. Ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh praktisi yang berpengalaman akan menambah wawasan kita dalam dunia perbankan, khususnya permodalan ventura.”

Sesi kedua yang menjadi acara inti yaitu pemaparan materi yang disampaikan oleh Pembicara CFO BNI Venture Bapak Lugas Prancafitri. Dalam pemaparannya, Bapak Lugas menjelaskan apa yang dimaksud dengan modal ventura, peran modal ventura dalam membiayai pengembangan usaha pasangan atau debitur, perbandingan eksistensi modal ventura di Amerika dengan di Indonesia, serta mekanisme modal ventura dalam melakukan pendanaan. “Cara kerja venture capital dalam mengatur pendanaan dimulai dari investor memberikan uang kepada venture capital. Lalu, venture capital mencari startup baru untuk melakukan kesepakatan kerja/bisnis. Kemudian, venture capital mengelola dana dan memberikan pendanaan kepada startup.” terang Bapak Lugas dalam pemaparannya.

Meskipun kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui Platform Zoom Cloud Meeting, tidak menyurutkan semangat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini. Di sesi diskusi, beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan sebagai wujud antusiasme mereka. Di akhir sesi, untuk memeriahkan acara, diumumkan 3 mahasiswa dengan pertanyaan terbaik atas nama Widiyanti Ari, Feni Andriani, dan Setyo Aji Wibowo.

Harapannya, kegiatan webinar ini dapat terus diselenggarakan mengingat betapa pentingnya menghadirkan praktisi untuk mengimbangi ilmu teori yang diperoleh mahasiswa di dunia perkuliahan.

 

Ditulis oleh:

Fuadhillah Kirana Putri

 

Disunting oleh Humas FE UST