Dewantara International Research Bootcamp #2<br> “Revealing the Secrets of Quality Journals in the Age of Artifical Intelligence: How to Product Excellent and Reputable Publications”

Dewantara International Research Bootcamp #2
“Revealing the Secrets of Quality Journals in the Age of Artifical Intelligence: How to Product Excellent and Reputable Publications”

2023-11-06 08:25:50

Pada Hari Sabtu tanggal 4 November 2023, Kelompok Studi Audit (KSA) yang bekerja sama dengan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa menyelenggarakan kegiatan webinar Dewantara International Research Bootcamp #2dengan tema “Revealing the Secrets of Quality Journals in the Age of Artifical Intelligence: How to Product Excellent and Reputable Publications”. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.45 WIB secara daring melalui platform Zoom.

          Kegiatan webinar ini dihadiri oleh Bapak Dr. Silvester Goridus Sukur, M.pd. selaku wakil Rektor IV Bidang Kemitraan dan Hubungan Internasional UST, Bapak Dr. Suyanto, S.E., M.Si. selaku Dekan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Bapak Ignatius Soni Kurniawan, S.E., M.Sc. selaku wakil Dekan 1, Bapak Rizal Rinofah, S.E., M.Sc. selaku wakil Dekan 2, Bapak Eko Yulianto, S.T., MBA. Selaku Wakil Dekan 3. Ibu Sri Ayem, SE., M.Sc., Ak.CA., ACPA. selaku Ketua Prodi Akuntansi, Ibu Nonik Kusuma Ningrum, S.E., M.Sc. selaku Ketua Prodi Manajemen, Ibu Nur Anita Candra Putry, S.E., M.Si., Ak., CA selaku Sekertaris Prodi Akuntansi, Ibu Lusia Tria Hatmanti Hutami, S.E., M.M selaku Sekertaris Prodi Manajemen, serta seluruh Dosen Pembimbing Akademik Program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi UST dan tamu undangan yaitu Kelompok Studi Pajak (KSP), Ikatan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (IMPSA), Ikatan Mahasiswa Program Studi Manajemen (IMPSM), Majelis Mahasiswa Fakultas FE (MMF FE), kegiatan ini dihadiri oleh 102 peserta baik dari kalangan Mahasiswa maupun Akademisi dari dalam maupun luar negeri seperti dari Universiti Utara Malaysia, Universiti Teknologi MARA Malaysia, dan Libya.

          Pada sesi selanjutnya, kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dekan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Bapak Dr. Suyanto, S.E., M.Si dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Dr. Silvester Goridus Sukur, M.pd. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari dalam negeri yaitu Prof. Dr. Hadri Kusuma, MBA, DBA dari Universitas Islam Indonesia dan narasumber dari luar negeri yaitu Prof. Dr. Zuraidah Mohd Sanusi dari Universiti Teknologi MARA Malaysia.

          Prof. Dr. Hadri Kusuma, MBA, DBA memaparkan materi yang berjudul “The Role of AI Technologi in Creating Ecellent and Reputable Publication”. Pada materinya, Prof. Dr. Hadri Kusuma menjelaskan tentang penelitian merupakan proses langkah-langkah yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk meningkatkan pemahaman kita tentang suatu topik atau masalah, pentingnya penelitian dapat memberikan banyak pengetahuan untuk kita, dapat mengatasi kesenjangan dalam pengetahuan, mereplikasi pengetahuan, dan dapat mempertimbangkan perspektif yang berbeda mengenai suatu pemikiran. Dengan adanya AI sangat membantu dalam menciptakan publikasi yang unggul dan bereputasi baik. Selanjutnya, Prof. Dr. Zuraidah Mohd Sanusi memaparkan materi yang berjudul “How to Produce Ecellent And Reputable Publication”. Pada materinya, Prof. Dr. Zuraidah Mohd Sanusi menjelaskan tentang bagaimana menghasilkan publikasi yang bagus dan memuaskan, dengan memberikan langkah-langkah dalam publikasi. Beliau memaparkan bahwa sebagai seorang peneliti kita harus memiliki Research Competency terlebih dahulu sebelum melakukan penelitian seperti mengidentifikasi area penelitian, membuat daftar kunci, menganalisis isi jurnal, dan mempertimbangkan jurnal akses terbuka. AI berperan penting dalam penelitian seperti memberikan Research impact yang sangat membantu publikasi seperti index Google scholar, Scopus, maupun WOS.

          Sesi selanjutnya yaitu sesi kuis untuk peserta webinar tentang materi yang sudah dipaparkan kemudian diambil 1 peserta atas nama Adura Ahmad dari Universiti Utara Malaysia menjadi pemenang atas kuis tersebut. Selanjutnya sesi tanya jawab antara peserta dan Narasumber, kemudian akan dipilih 2 penanya terbaik yang akan mendapatkan hadiah dari panitia.