Peningkatan Kompetensi Lulusan melalui Pelatihan Brevet Pajak A & B; Kerjasama Kanwil Direktorat Jenderal Pajak DIY dengan Prodi Akuntansi FE UST

Peningkatan Kompetensi Lulusan melalui Pelatihan Brevet Pajak A & B; Kerjasama Kanwil Direktorat Jenderal Pajak DIY dengan Prodi Akuntansi FE UST

2023-11-08 14:53:27

Tax Center Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta pada tahun 2023 sukses melaksanakan kegiatan Pelatihan Brevet Pajak A & B  untuk Mahasiswa Akuntasi FE UST ataupun Umum. Kegiatan yang merupakan agenda wajib bagi Tax Center ini dilaksanakan secara daring melalui zoom.

Total sebanyak 43 Mahasiswa Akuntansi FE UST Yogyakarta telah mengikuti Pelatihan Brevet Pajak A & B yang berlangsung mulai tanggal 20 Mei 2023 sampai dengan 22 Juli 2023. Pada pelaksanaan Pelatihan Brevet Pajak A & B bekerja sama dengan beberapa pihak yang kompeten dibidangnya sebagai narasumber, seperti praktisi dari DJP, KAP dan juga BUMN.
Materi yang diberikan kepada peserta yaitu Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, PPh Orang Pribadi, PBB, BPHTB & BM, PPh Pasal 21, 22, 23 & 4 ayat 2, PPN & PPnBM, PPh Badan, Akuntansi Pajak, Pratikum Perpajakan e-SPT dan E-Faktur.

Pelatihan ini terdiri dari 7 sesi Pelatihan Materi beserta dengan ujian yang menghasilkan sertifikat sebagai pengakuan atas kemampuan perpajakan bagi setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap yang sesuai dengan ketentuan standar yang telah ditetapkan. Selain itu ada 1 materi Praktikum Perpajakan mengenai E-Faktur dan E-SPT dimana setiap peserta diberikan aplikasi simulasi untuk E-Faktur dan E-SPT sehingga secara mandiri setiap peserta dapat mengaksesnya. Hal ini berguna untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami mengenai pengisian form E-Faktur dan E-SPT.

Kegiatan Brevet Pajak A & B didasarkan pada Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara pihak Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan pihak Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). Program Studi Akuntansi FE-UST sebagai salah satu program studi memiliki visi “Menjadi Program Studi Akuntansi yang unggul dalam menyiapkan lulusan mandiri, berperilaku mulia dan kompeten dalam bidang akuntansi dan perpajakan sesuai dengan Ajaran Hidup Tamansiswa di Asia Tenggara pada tahun 2030”. Sehingga Tax Center ini merupakan salah satu wadah untuk mencapai output lulusan yang berkompeten dalam bidang perpajakan.