Penguatan Kompetensi Lulusan ke tingkat Internasional melalui Sertifikasi <i>Associate Certified Public Accountant</i>

Penguatan Kompetensi Lulusan ke tingkat Internasional melalui Sertifikasi Associate Certified Public Accountant

2023-12-11 10:34:57

Test Center adalah pusat pemberian informasi mengenai ujian CPA Indonesia (CPA of Indonesia Exam) dan sekaligus tempat yang digunakan untuk ujian sertifikasi CPA (Certified Public Accountant of Indonesia) yang nantinya bagi peserta yang telah lulus seluruh mata uji yang di ujikan dan memenuhi syarat yang telah ditetapkan maka peserta yang lulus akan mendapatkan gelar ACPA untuk level dasar, CPA untuk level professional dan untuk penilaian kompetensi rekan perikatan audit (tingkat lanjutan) peserta akan mendapatkan Surat Tanda Keterangan Lulus Ujian Profesi Akuntansi publik. Test Center Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa ini selain sebagai tempat pemberian informasi dan melaksanakan ujian sertifikasi CPA juga melaksanakan kegiatan Pelatihan Ujian Associate Certified Public Accountant (ACPA).

Ujian Certified Public Accountant (CPA) dan Associate Certified Public Accountant (ACPA) diselenggarakan bagi para mahasiswa maupun umum, khususnya di bidang akuntansi yang memiliki niat untuk mengikuti ujian CPA dan ACPA. Seluruh kegiatan Test Center Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi ini didasarkan pada Memorandum of Understanding (MoU) antara Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansswa (UST) yang telah dilakukan perpanjang pada Bulan Maret 2023 oleh Ibu Dr. Dewi Kusuma Wardani, SE., S.Psi., M.,Sc., Ak., CA., CRM., BKP., ACPA selaku Ketua Test Center UST bersama dengan Ibu Sri Ayem, SE., M.Sc., Ak., CA., ACPA selaku Kaprodi Akuntansi FE-UST.


Pada tahun 2023 ini. IAPI membuka sebanyak 4 kali periode pendaftaran dan pelaksanaan ujian yang dimana waktu telah ditentukan oleh pihak IAPI dan Test Center memberikan konfirmasi jadwal terkait buka dan tutupnya Test Center. Selama Ujian Profesi Akuntan Publik (UPAP) tahun 2023 Test Center melayani pemberian informasi terkait pendaftaran, pembuatan akun dan pembayaran. Pada tanggal 12 Spetember 2023, Test Center UST juga melaksanakan pendampingan pembuatan akun IAPI bagi peserta yang akan melaksanakan UPAP.


Selain pendampingan pendaftaran, Test Center UST juga melaksanakan kegiatan ujian baik Tingkat Dasar (ACPA) maupun Tingkat Profesional (CPA) dengan jumlah peserta disetiap periodenya sebagai berikut, Periode 1 yaitu Bulan Februari – Maret 2023 sebanyak 55 peserta. Periode 2 yaitu Bulan Mei – Juni 2023 sebanyak 159 peserta. Periode 3 yaitu Bulan Agustus – September sebanyak 87 peserta. Periode 4 yaitu Bulan November – Desember sebanyak 75 peserta di Bulan November 2023. Total sampai dengan Bulan November 2023 sebanyak 376 peserta telah melaksanakan UPAP IAPI di Test Center UST.

Adanya Ujian Certified Public Accountant (CPA) ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta ujian untuk menjadi Akuntan Publik yang berkualitas dan berkompetensi agar dapat lebih unggul dalam bidang akuntansi. Untuk memenuhi kualitas SDM yang andal dan kompeten, Sumber Daya Manusia tidak cukup hanya dibekali dengan ijazah, tetapi juga dengan sertifikat yang diakui untuk menunjang kinerja SDM di industri perusahan. Selain itu juga bertujuan untuk membantu mengenalkan adanya ujian sertifikasi di bidang akuntansi yang diselenggarakan oleh IAPI.